Minggu, 31 Maret 2024

Kultum Nasehat

Ahad, 31 Maret 2024

Ustadz. DR. Abdulloh Safik 

(Dosen Ushuludin UIN Tulung Agung) 

Tema : Lailatul Qadar

Ringkasan Materi Kultum :

Hadis tentang Lailatul Qadar salah satunya adalah Hadis Riwayat Muslim yang menyebutkan, “Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan Ramadan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut."

10 hari terakhir di bulan Ramadhan terdapat malam Lailatul Qadar yang kebaikannya lebih baik dari 1000 bulan.

Abu Yazid Al-Busthomi (waliyullah) menemui malam Lailatul Qadar pada 27 Ramadhan 

Ibnu Qayyim Al Jauziyah berkata, seandainya mempersiapkan malam Lailatul Qadar dimulai dari bulan Rajab, Sya'ban dan Ramadhan (dipersiapkan jauh-jauh hari). 

Lailatul Qadar ibarat tamu yang akan mendatangi ke rumah, musholla, masjid tapi ini "misterius". Dan kenapa kebaikan hanya dibatasi dalam 10 hari terakhir di bulan Ramadhan ?

Banyak yang memahami Lailatul Qadar bersamaan dengan turunnya Al-Qur'an yakni pada 17 Ramadhan, ada yang menentukan berdasarkan malam ganjil sehingga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.

Kisah KH. Husein Ilyas

Sebelum sholat berjamaah shubuh, banyak orang bertahajud. Kyai Husein duduk di musholla dan tampak sinar datang dari utara dan menghampirinya. 

Setelah sholat shubuh musholla tersebut tampak seperti lautan, serban dan kakinya juga basah ketika dicelupkan ke dalamnya.

Tidak lama ada orang naik perahu sambil mendekati kyai Husein, mengaku sebagai kakeknya dan meludai wajahnya. Keadaan ini sampai terbitnya matahari sambil menyaksikan turunnya ribuan malaikat secara bergantian.

QS. Fussilat Ayat 30

اِنَّ الَّذِيْنَ قَالُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ اَلَّا تَخَافُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَبْشِرُوْا بِالْجَنَّةِ الَّتِيْ كُنْتُمْ تُوْعَدُوْنَ

30. Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.”

Ayat ini selaras dengan QS. Al-Qodar ayat 4 :

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ 4. 

"Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan."

KH. Husein Ilyas - Mojokerto 


Disimpulkan untuk mendapatkan Lailatul Qadar harus dipersiapkan jauh-jauh secara Istiqomah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar