Senin, 19 Maret 2018

ADIL



Suatu hari, seorang musafir bermaksud mencari tempat berteduh karena usai melakukan sebuah perjalanan. Lalu tidak lama kemudian dijumpailah sebuah pohon beringin yang rindang dan lebat daunnya. 

Baca juga :
Sholat Jama' Qashar

Disandarkanlah tubuhnya yang berat pada pohon beringin itu. Ditatapnya hamparan sawah di depannya, dan dijumpainya buah-buah semangka sebesar bola di sawah tersebut. 

Berkata sang musafir "Sungguh Allah SWT tidak adil, disaat buah pohon beringin sebesar buah anggur, buah semangka sebesar itu" disandarkannya tubuhnya yang berat pada pohon beringin itu. 

Tiba-tiba sebutir buah pohon beringin jatuh mengenai di atas kepala sang musafir. Berkatalah dalam hati "Jika buah beringin ini sebesar semangka, bagaimanakah jika menimpa orang yang berteduh dibawahnya. Sungguh Allah SWT Maha Adil"


(Ilustrasi : Buah Beringin)

Dari cerita di atas mungkin sederhana, tapi banyak yang bisa diambil hikmahnya. Manusia seringkali berprasangka buruk kepada Allah hingga tidak melihat sisi baiknya. "Boleh kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, Allah SWT Maha Mengetahui sedangkan kamu tidak" (Al-baqarah(2): (216)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar