Selasa, 27 Maret 2018

Godaan Orang Berilmu

(Ilustrasi : Godaan setan)

Menuntut ilmu pengetahuan merupakan sebuah kewajiban yang memerlukan kehati-hatian.

Allah SWT menyiapkan ujian yang harus kita lalui agar menjadi seorang penuntut ilmu yang ikhlas dan memberikan manfaat untuk manusia lain. 

Rasullullah bersabda, "Barangsiapa yang menuntut ilmu untuk bersaing dengan ulama atau untuk berdebat dengan orang jahil atau untuk menarik perhatian orang lain, maka ia akan masuk neraka" (Abu Hurairah). 

Hadits ini memberikan perincian tentang godaan yang sering dialami oleh para penuntut ilmu dan para ilmuan dalam proses pengamalan ilmunya. 

Memang, dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang memiliki ilmu. Dalam surat Al-Mujadilah ayat 11, Allah SWT Berfirman, "Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang diberikan ilmu pengetahuan."

Banyak lagi kelebihan yang diberikan Allah SWT kepada orang yang berilmu, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Bukankah para malaikat mau bersujud kepada Nabi Adam a.s. setelah Allah SWT mengajarkan beberapa ilmu kepada Nabi Adam a.s., ketika sebelumnya malaikat meragukan manusia karena menganggapnya sebagai makhluk yang suka permusuhan.

Tujuan pokok kita menuntut ilmu adalah untuk semakin tunduk dan patuh kepada ajaran Allah SWT semakin tinggi ilmu yang kita raih, semakin baik ibadah kita. Bukan sebaliknya, sebanyak ilmu yang kita miliki, semakin berani terhadap larangan-larangan Allah SWT.


Di antara godaan tersebut yaitu bersifat riya dan bangga dengan ilmu yang diberikan Allah SWT, sifat ini memang sering menggoda dan hanya orang yang dilindungi Allah SWT yang bisa menghindarinya. 

Godaan pertama yang akan dihadapi adalah perasaan ingin dianggap ilmuwan agar bisa bersaing dengan ilmuwan lain. Pikiran dan emosi hanya disibukkan dengan melihat orang lain dan berusaha untuk mengunggulinya sehingga melupakan tujuan dasar menuntut ilmu. 

Godaan kedua, ini peringatan untuk orang yang suka berdebat dengan orang lain. Ilmu yang diberikan Allah SWT hanya untuk menyombongkan diri dengan keinginan untuk mengalahkan orang lain dalam berdebat agar menganggap kita lebih hebat dari lawan debat kita. 

Perdebatan tidak akan memberikan hasil apa-apa kecuali sifat bangga dengan ilmu yang dianugerahkan Allah SWT.

Dalam sebuah ayat, Allah SWT berfirman, "Taatlah kamu kepada Allah SWT dan Rasul dan jangan suka berbantah-bantahan, karena itu hanya mengakibatkan kegagalan dan menghilangkan wibawamu. Bersabarlah, sesungguhnya Allah SWt bersama orang yang sabar" (QS Al-Anfal [8]: 46)

Godaan ketiga, menuntut ilmu agar orang lain memperhatikan kita. Ini biasa terjadi bagi penuntut ilmu yang merantau ke daerah lain. Ketika pulang kampung, misalnya, ada keinginan untuk dimuliakan orang karena kita diberi Allah SWT kesempatan kuliah, sedangkan teman-teman yang lain cuma tamat sekolah menengah saja. 

Mudah-mudahan dengan kembali merenungkan tujuan menuntut ilmu, kita semakin taat kepada Allah SWT dan bisa menghindarkan diri dari godaan yang akan menjerumuskan kita ke dalam neraka. Amin. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar